Penggunaan Media Kantong Nilai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Pokok Bahasan Penjumlahan Dengan Teknik Menyimpan Siswa Kelas II SDN 2 Merembu Tahun Pelajaran 2012/2013

BAIQ SRI WARNI BAIQ SRI WARNI

Abstract


Harry Soeprianto, H. A. Azis, BAIQ SRI WARNI

ABSTRAK

Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukan kenyataan bahwa lemahnya kemampuan siswa kelas II SDN 2 Merembu dalam belajar matematika khususnya materi penjumlahan dengan teknik menyimpan yang masih rendah, sehingga hasil yang dicapai juga relative rendah. Ini disebabkan karena guru sangat jarang menggunakan media atau alat peraga dalam menyampaikan konsep pada pelajaran matematika, sehingga dilakukan penelitian di sekolah ini. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dengan teknik menyimpan pada siswa kelas IISDN 2 Merembu dengan menggunakan media kantong nilai. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan test hasil belajar. Observer pada penelitian sebanyak dua orang yaitu : satu orang guru dan satu teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,19% dan rata- rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 95,54%. Persentase peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I sampai siklus II adalah 19,35%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa penggunaan media kantong nilai pada pembelajaran Matematika dalam pokok bahasan penjumlahan dengan teknik menyimpan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 2 Merembu tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata Kunci: Media Kantong Nilai,  Hasil belajar.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.