PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS V SDN 3 MIDANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ARI CPTA DEWI ARI CPTA DEWI

Abstract


Aos Santosa Hadiwijaya, Moh. Irawan Zain, ARI CPTA DEWI

 

 

ABSTRAK

Penelitian dilatar belakangi oleh rendanya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika bila dibandingkan dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 6,5. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran RME pada mata pelajaran Matematika kelas V di SDN 3 Midang tahun pe;ajaran 2012/2013. Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan alternatif bagi guru untuk memecahkan masalah hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi. Subyek  penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui hasil tes, observasi, dan dokumentasi.

Siklus I, dapat dilihat pada penerapan pendekatan RME hasil observasi aktivitas guru mencapai 58,3%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 55,5%, dan hasil belajar siswa mencapai 58,8%. Pada siklus II dilakukan tindakan perbaikan dengan menyusun skenario pembelajaran RME yang tepat. Pada siklus II dapat dilihat penerapan pendekatan RME  hasil observasi aktivitas guru mencapai 75%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 75%, dan hasil belajar siswa mencapai 74,2%. Kemudian pada siklus III dilakukan tindakan perbaikan dengan menyusun LKS yang bervariasi. Pada siklus III dapat dilihat penerapan pendekatan RME hasil observasi aktivitas guru mencapai 86,1%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 87,5%, dan hasil belajar siswa mencapai 88,2%. Dari data tersebut dapat dilihat adanya peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya. Penelitian ini telah mencapai indikator kinerja yang telah ditentukan yaitu ≥ 85%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menerapkan pendekatan pembelajaran RME dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 3 Midang tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran RME, Hasil Belajar, Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.