MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELEMPAR DAN MENANGKAP BOLA DI TK DHARMA WANITA MELATI 1 MEREMBU LABUAPI TAHUN AJARAN 2012/2013

Atika Azizati Atika Azizati

Abstract


ABSTRAK

Atika Azizati, H. Nasarudin, Ika Rachmayani

Perkenmbangan motorik adalah perkembangan awal pada masa kanak-kanak dan merupakan tahap penting yang menyangkut perkembangan fisik dan gerak. Motorik kasar adalah perkembangan otot-otot besar yang menyangkut gerak seluruh anggota tubuh seperti berjalan, berlari, dan gerakan lainnya. Adapun salah satu kegiatan yang dapat membantu mengembangkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun adalah melalui pemberian latihan kegiatan melempar dan menangkap bola karena pada usia tersebut mekanisme otot dan syaraf yang mengendalikan motorik anak sedang mengalami perkembangan. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana  mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan melempar dan menangkap bola. Faktor yang menjadi pusat penelitian adalah perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun dengan pengambilan sampel 7 orang anak di TK Dharma Wanita Melati 1 Merembu Labuapi Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 tahapan pengembangan yaitu tahap pengembangan  I dengan optimalisasi proses pembelajaran 58,32% dan hasil motorik kasar anak dari jarak 1 dan 2 meter yaitu 69,24% dan 67,05%, dengan kekurangan yang ada pada proses pembelajaran yaitu guru tidak memotifasi anak dalam menyelesaikan tugasnya dan dilanjutkan ke tahap pengembangan II optiumalisasi proses pembelajaran 82,32% dan hasil motorik kasar anak dari jarak 1 dan 2 meter 85,71% dan 84,32% dengan perbaikan pada proses pembelajaran guru memotifasi anak dalam melakukan kegiatannya. Berdasarkan hasil dari penelitian  tahap pengembangan I dan pengembangan tahap II dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan memperbaiki kekurangan yang ada dari pengembangan tahap I ke pengembangan tahap II dengan proses pembelajaran yang optimal dan berulang-ulang dapat mengembangkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun.

 

Kata Kunci : Motorik Kasar, Melempar Dan Menangkap

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.