MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL JANNAH AMPENAN TAHUN AJARAN 2012/2013

ANDI ARLIANA ANDI ARLIANA

Abstract


Dwi Istati Rahayu, Ika Rahmayani, ANDI ARLIANA

ABSTRAK

 

Motorik halus adalah kemampuan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang membutuhkan koordinasi antara mata dan otot-otot kecil pada jari tangan yang cermat, sehingga diupayakan kegiatan meronce dengan berbagai sajian dan variasi alat dan bahan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Jannah NW Ampenan Tahun Ajaran 2012/2013.

Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang bersifat kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berada di kelompok B yang berjumlah 10 anak di TK Nurul Jannah Tahun Ajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi.

Dalam penelitian ini proses pembelajaran dilakukan dalam tiga tahapan pengembangan, setiap tahapan pengembangan terdiri dari 4 pijakan lingkungan main, yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main dan pijakan setelah main. Kekurangan pada penelitian I, II dan III yaitu tali yang digunakan terlalu pendek, peneliti tidak menggunakan media atau alat peraga yang sesuai dengan perkembangan anak ketika menghubungkan pengalaman anak dengan tema atau materi yang akan diajarkan, dan waktu yang digunakan kurang maksimal. Hasil pembelajaran tahap I sebesar 50%, tahap II sebesar 69,23%, dan tahap III sebesar 92,30%. Dalam perkembangan motorik halus anak juga mengalami peningkatan tahap demi tahap, tahap I sebesar 44,5%, pada tahap II sebesar 57,5%, dan pada tahap III sebesar 79,5%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa bermain melalui kegiatan meronce dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun.  Guru diharapkan memperhatikan proses pembelajaran dan media yang digunakan dalam kegiatan meronce.

 

Kata kunci : Meronce dan motorik halus

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.