PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013

Neta Sari Puji Astuti

Abstract


Neta Sari Puji Astuti1, Sutrio2, Hj. Hairunnisyah Sahidu3

  1. Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  2. Dosen Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Praya Tengah  tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Grop Design. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak. Dan hasil yang didapatkan thitung = 2,168 dan ttabel = 1,684 pada taraf signifikan 5%. Karena , maka model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berpengaruh  terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Praya Tengah  Tahun Ajaran  2012/2013.

 

Kata kunci : Pembelajaran Model POE (Predict-Observe-Explain), Hasil Belajar.

 

Abstrack

This research aim to know the influence of POE (Predict-Observe-Explain) learning model toward students’ result study of physics at  VII grade of SMPN 1 Central Praya in 2012/2013. The design this research used is pretest-posttest control group design. The data of the result study is analyzed by using two t-test. And the result is  and    on the significant level 5 %. Because , hence of POE (Predict-Observe-Explain) of Learning Model influence toward students’ result study of physics at VII grade of SMPN 1 Central Praya in 2012/2013.

Key words : POE (Predict-Observe-Explain) Learning Model, Result Study.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.